Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out
Selamat Datang di Blog Dena Kesmas Unsoed Semoga Informasi yang Saya Berikan Berguna untuk anda. Jangan lupa isi Komentar anda pada Buku Tamu yang kami sediakan berupa Pesan, Tanggapan, dan Saran.Terima kasih atas kunjungannya, semoga anda Sehat... selalu..!

Selasa, 07 September 2010

Kurikulum Jurusan Kesmas

Selasa, 07 September 2010

KURIKULUM

Kurikulum yang digunakan pada Jurusan Kesehatan Masyarakat mengacu pada Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 232/U/2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa dan Nomor 045/U/2002 tentang Kurikulum Inti Pendidikan Tinggi.
Kurikulum Jurusan Kesehatan Masyarakat menerapkan Kurikulum Pendidikan Sarjana Kesehatan Masyarakat yang berbentuk general dan Kurikulum yang Berbasis Kompetensi (KBK).
Kompetensi adalah seperangkat tindakan cerdas, penuh tanggung jawab yang dimiliki lulusan Jurusan Kesehatan Masyarakat FKIK Unsoed sebagai syarat untuk dianggap mampu oleh masyarakat dalam melaksanakan tugas-tugas di bidang pekerjaan kesehatan masyarakat.

Lulusan Jurusan Kesehatan Masyarakat FKIK Unsoed diharapkan mempunyai kompetensi sebagai berikut :
1.    Pengetahuan
  1. Mampu menjelaskan keilmuan dasar dalam 8 bidang ilmu kesehatan masyarakat, yaitu kesehatan lingkungan, keselamatan dan kesehatan kerja, gizi kesehatan masyarakat, administrasi kebijakan kesehatan, epidemiologi, biostatistik, promosi dan perilaku kesehatan serta kesehatan reproduksi.
  2. Mampu menjelaskan manajemen pengelolaan program dan pelayanan kesehatan masyarakat.
 
2.    Ketrampilan intelektual
  1. Mampu menerapkan konsep ilmu kesehatan masyarakat yang meliputi 8 bidang (kesehatan lingkungan, keselamatan dan kesehatan kerja, gizi kesehatan masyarakat, administrasi kebijakan kesehatan, epidemiologi, biostatistik, promosi dan perilaku kesehatan serta kesehatan reproduksi) untuk menyelesaikan masalah kesehatan masyarakat.
  2. Memiliki kemampuan berbahasa Indonesia yang baik dan benar, berbahasa Inggris serta teknologi informasi yang akan menunjang kemampuan di bidang kesehatan masyarakat.
  3. Mampu menjalin kemitraan dengan berbagai institusi baik pemerintah maupun swasta di bidang kesehatan masyarakat.
  4. Menguasai cara mengidentifikasi, merumuskan, menganalisis dan menyelesaikan masalah kesehatan masyarakat.
  5. Mampu menggunakan prinsip manajemen dalam setiap tindakan dengan pemahaman berpikir dalam konteks sistem
 
3.    Ketrampilan manajemen dan sikap
  1. Menjunjung tinggi norma, tata nilai, moral, agama, etika dan tanggung jawab professional.
  2. Mampu bekerja sama dan menyesuaikan diri dengan cepat di lingkungan kerja.
  3. Mengerti isu-isu terkini mengenai kesehatan masyarakat.
  4. Mampu berpikir secara logis dan analitis untuk menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi secara profesional.
  5. Memiliki inisiatif, kreatif, inovatif dan produktif.
  6. Mampu mengendalikan diri, memiliki integritas dan disiplin tinggi.
  7. Memahami estetika, etika sosial dan akademik.
  8. Memiliki sikap adaptif, adoptif, cepat tanggap dan kemampuan kewirausahaan, komunikasi serta kepemimpinan untuk mendukung kemampuan di bidang kesehatan masyarakat.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Photobucket
Photobucket
Photobucket